Senin, 04 April 2016

Review Situs e-Learning : IlmuKomputer.Com

Oke guys pada kesempatan kali ini gue mau kasih review tentang salah satu situs e-learning gratis yang ada di Indonesia. Namanya IlmuKomputer.Com, situs ini berguna banget buat kita para calon programmer buat cari tau dan belajar segala macam hal yang berhubungan dengan IT.

Tampilan Awal
Di halaman awal ini kita akan menemukan 3 pilihan menu yaitu Computing Tutorials, Scientific Journals dan Professional Training. Pilihan pertama yaitu Computing Tutorials berguna untuk mahasiswa dan pembelajar mula, disini kita dapat menemukan beragam tutorial dan buku teksbook di bidang computing. Untuk pilihan Computing Tutorials selanjutnya kita akan dibawa ke anak laman dari IlmuKomputer.com yaitu IlmuKomputer.org. Yang kedua ada Scientific Journals, berguna untuk dosen dan peneliti, disini kita dapat mencari referensi dan mempublikasikan penelitian anda lewat Journal.IlmuKomputer.Org. Untuk para praktisi yang memerlukan training dan sertifikasi untuk suatu skill spesifik, anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti training di Brainmatics.Com lewat pilihan menu Professional Training.

Nah, sebelum kita bahas lebih dalam soal fitur-fitur yang ada di masing-masing menu nya, gue mau kasih tau dulu soal sejarah dari IlmuKomputer.Com ini.

IlmuKomputer.Com adalah komunitas eLearning yang membagi literatur dan materi kuliah secara bebas dan gratis di bidang computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Misi utama kami adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan ilmu komputer (computing). Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang bebas untuk didownload. Tersedia juga versi offline dalam bentuk CD untuk yang kesulitan mangakses situs ini secara online.

IlmuKomputer.Com mengajak masyarakat Indonesia di manapun berada, untuk membagi (share) pengetahuan melalui tulisan. Kami telah menyediakan Format Tulisan dengan prosedurnya untuk mempermudah anda dalam menulis dan mengupload artikel. Diskusi berbagai topik di bidang computing dapat dilakukan melalui beberapa Mailing List yang kami pisahkan berdasarkan kategori bahasan. Tersedia juga Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger untuk yang kesulitan mengikuti berbagai materi yang ada di situs ini.
Romi Satria Wahonno
Pendiri dan koordinator umum IlmuKomputer.Com adalah Romi Satria Wahono. Inisiatif ini sudah dikerjakan secara serius sejak awal tahun 2003. Tepat pada tanggal 17 April 2003, kami merelease situs IlmuKomputer.Com. Sambutan dari teman-teman baik di republik maupun di luar negeri cukup menarik. Beberapa seminar tentang pendidikan yang diadakan di Tokyo, sempat mengangkat situs IlmuKomputer.Com sebagai salah satu model sistem pendidikan online berbahasa indonesia yang unik. Project IlmuKomputer.Com telah dipresentasikan di conference temu ilmiah PPI Jepang di Osaka pada bulan september 2003 dan beberapa conference lain di tingkat nasional maupun internasional. IlmuKomputer.Com telah terpilih mewakili Indonesia dalam World Summit Award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB dalam kategori elearning. Akhirnya mendapatkan penghargaan dari WSIS sebagai “the 21 Continental Best Practice Examples (special mentions) in the Category e-Learning“.

IlmuKomputer.Com kemudian langganan mendapat penghargaan dari berbagai majalah komputer di Indonesia sebagai situs terbaik untuk kategori pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional, melalui Pustekkom juga memberi penghargaan kepada IlmuKomputer.Com dalam eLearning Award pada tahun 2006.

LATAR BELAKANG PENDIRIAN
Latar belakang pendirian IlmuKomputer.Com adalah bahwa di Indonesia hampir tidak ada layanan publik yang memuat literatur dan materi kuliah di bidang computing yang sifatnya bebas dan gratis. Beberapa yang muncul ternyata tidak profesional, cenderung asal-asalan dan contentsnya tidak komprehensif untuk memandu mahasiswa dan pelajar dalam belajar ilmu komputer dan teknologi informasi.

Padahal kalau dengan situasi indonesia saat ini, komunitas eLearning tempat kita bisa berbagai materi dengan bebas dan gratis sudah yang ditunggu-tunggu semua orang. Biaya pendidikan sangat tinggi, baik pendidikan formal D3/S1/S2/S3, begitu juga dengan training dan kursus. Beberapa universitas yang menerapkan otonomi dan jalur khusus dalam penjaringan mahasiswa juga semakin membuat pendidikan hanya dimonopoli oleh orang kaya.

Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang kebetulan mendapat rejeki dan kesempatan belajar di pendidikan lebih tinggi untuk menshare ilmu pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain yang memerlukan.

PERKEMBANGAN ILMUKOMPUTER.COM
IlmuKomputer.Com telah berkembang menjadi komunitas terbuka yang memiliki anggota ribuan, dan melakukan kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan gratis dan murah untuk anak negeri, diantaranya berupa:
  1. Penyediaan materi gratis di situs IlmuKomputer.Com dalam format PDF dan HTML yang siap didownload dan dipelajari.
  2. Penyediaan CD gratis yang didistribusikan oleh ratusan distributor yang tersebar di seluruh pelosok negeri.
  3.  Penyediaan komunitas diskusi IlmuKomputer.Com dalam bentuk milis, sebagai ajang diskusi dan saling sharing informasi dan pengetahuan dalam bidang komputer.
  4. Konsultasi gratis lewat Yahoo Messenger yang secara realtime akan membantu pemula dalam belajar komputer.
  5. Penyediaan ISO image file gratis (yang terbit 6 bulan sekali) yang bisa didownload dari berbagai server di indonesia maupun luar negeri. ISO image file ini adalah bahan pembuatan CD. Jadi setiap orang apabila memiliki koneksi internet yang baik, bisa membuat CD sendiri dengan ISO image file ini.
  6. Penyediaan mirror server di berbagai lokasi untuk memberi alternatif teman-teman memilih server di yang terdekat dengan lokasi, untuk mempercepat pengaksesan.
  7. Menggelar seminar IT gratis dan murah dalam berbagai tema (linux, aplikasi office, animasi, dsb) di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa yang sudah kita laksanakan adalah Seminar Gratis tentang pengenalan IlmuKomputer.Com di Universitas Brawijaya dan Seminar Gratis tentang Animasi di Universitas Sumatera Utara Medan.
  8. Menerbitkan majalah dan buku-buku yang akan kami edarkan dengan lisensi open contents dan harga yang relatif terjangkau oleh masyarakat.
Media massa nasional dan daerah, juga beberapa majalah komputer telah mengangkat isu IlmuKomputer.Com dalam kolom laporan khusus maupun kolom berita mereka. Beberapa diantaranya adalah:
  • Portal berita terbesar di Indonesia Detik.Com mengangkat situs IlmuKomputer.Com dalam beritanya. Download potongan berita Detik.Com tentang Kuliah Gratis Ilmu Komputer dan tentang Kuliah Gratis Lewat CD.
  • Sinar Harapan membahas dalam kolom situs tentang Kupas Situs IlmuKomputer.Com.
  • Majalah Tempo mengangkat isu terpilihnya IlmuKomputer.Com dalam world summit award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB, lewat artikel berjudul Kuliah Komputer Gratis di Ruang Maya.

Saat ini situs eLearning gratis IlmuKomputer.Com telah mencapai hit harian (daily hits) ratusan ribu, dan diakses dari pengguna dengan domain-domain universitas di Indonesia (ITB, UI, UGM, ITS, USU, berbagai STIK, dsb.). IlmuKomputer.Com juga telah di indeks dan direview oleh puluhan search engine dunia maupun Indonesia.

Dan tak kalah pentingnya, IlmuKomputer.Com telah berhasil mengundang kontribusi tulisan dari peneliti dan praktisi teknologi informasi dan ilmu komputer indonesia baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri (Jepang, Amerika, Australia, Jerman, dsb).

Harapan kami bahwa IlmuKomputer.Com bisa menjadi alternatif pendidikan non-formal gratis dalam bidang ilmu komputer di Indonesia, dan memberi motivasi kepada komunitas di lain bidang untuk menghasilkan karya serupa di bidang lain tentunya.

PENGURUS
  • Founder dan Koordinator Umum: Romi Satria Wahonno
  • Koordinator Harian: Mansyur
  • Koordinator Finansial: Eman
  • Koordinator Teknis: Mulyana

Oke setelah kita tau gimana sejarah, latar belakang, dan penggagas serta para pengurus situs e-learning yang satu ini selanjutnya kita akan bahas masing-masing pilihan menu yang disediakan oleh IlmuKomputer.Com. yang pertama yaitu Computing Tutorials yang berguna untuk mahasiswa dan pembelajar mula, disini kita dapat menemukan beragam tutorial dan buku teksbook di bidang computing. Untuk masuk ke tutorial ini kita akan dialihkan ke tautan lain milik IlmuKomputer.Com yaitu IlmuKomputer.Org. Disini ada beberapa menu yang disediakan oleh IlmuKomputer.Org, yaitu :
  1. HOME

    Halaman utama tempat materi pembelajaran dan tutorial disediakan. Disini banyak materi tutorial yang bisa kita pelajari dan kita download secara gratis. Ada banyak kategori yang bias kita pilih, tergantung materi apa yang ingin kita pelajari. Kategori-kategori yang paling sering dipilih orang diantaranya pemrograman mobile, linux, animasi dan multimedia, internet dan web, pemrograman PHP, pemrogaram Java, jaringan computer, hacking, dan masih banyak kategori lainnya. Tinggal kalian pilih saja, tersedia cukup lengkap dan dijamin akan menambah wawasan anda.








  2. KLAIM TULISAN
    Menu ini berisi langkah-langkah bagi para penulis yang ingin mengklaim tulisannya.

  3. KIRIM TULISAN
    Berisi tentang cara dan aturan mengenai bagaimana kita membuat tulisan untuk diposting di situs ini. tulisan yang ingin kita posting harus asli milik kita sendiri.
  4. TENTANG KAMI
    Halaman ini berisi tentang sejarah, latar belakang, tujuan, pembuat dan pengurus situs ini. Sama seperti yang sudah saya jelaskan di awal.
  5. LISENSI
    Menu ini berisi pernyataan bahwa dokumen-dokumen yang ada di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarluaskan secara bebas namun bukan untuk tujuan komersial. Syaratnya kita tidak boleh menghapus atau mengubah atribut si penulis awal. Dokumen-dokumen yang ada disitus ini semuanya bersifat open content.
Pilihan kedua dari menu utama IlmuKomputer.Com adalah Scientific Journals, berguna untuk dosen dan peneliti, disini kita dapat mencari referensi dan mempublikasikan penelitian anda lewat Journal.IlmuKomputer.Org.

Scientific Journal dipublikasikan juga oleh IlmuKomputer.Com dengan dukungan dan kontribusi dari para peneliti, professor dan mahasiswa dari seluruh universitas di dunia. Jurnal yang dipublikasikan adalah jurnal asli dengan sertifikat ISSN, terbuka bagi public dan gratis. 

Meskipun disini baru terdapat 2 jurnal, namun tentu saja hal ini akan terus dikembangkan mengingat betapa bermanfaatnya situs ini. Sangat berguna bagi dosen, peneliti, bahkan kita sebagai mahasiswa. Kedua jurnal yang ada disini adalah jurnal asli yang sudah terverifikasi. Jadi, ayo kita ikut berkontribusi dalam memajukan situs buatan anak bangsa yang sangat bermanfaat ini.

Tampilan Home journal.ilmukomputer.org
Dan pilihan ketiga yang disediakan oleh IlmuKomputer.Com ini sangat berguna untuk para praktisi yang memerlukan training dan sertifikasi untuk suatu skill spesifik, anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti training di Brainmatics.Com lewat pilihan menu Professional Training.

Tampilan Home brainmatics.com
Situs ini menyediakan beragam pilihan kursus bagi anda yang ingin belajar/menguasai suatu ilmu mengenai IT. Anda tinggal memilih ingin mengikuti kursus apa kemudian sesuaikan hari dimana anda ingin mengikuti kursus tersebut. Harga yang ditawarkan setiap kursus pun beragam.

Di dalam situs ini terdapat beberapa menu tentang kursus yang tersedia yaitu Administration, Application, Database, Development, Management, dan Networking.
  1. Administration 
    Berisi penawaran kursus mengenai administrasi perkantoran seperti linux, Ms.Sharepoint 2013, Ms.Windows Server, dll. Disini dijelaskan secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut. 
    Administration
  2. ApplicationBerisi penawaran kursus mengenai aplikasi komputer seperti CMS (Content Management System), aplikasi design seperti corel dan adobe, dll. Disini dijelaskan secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut. 
    Application
  3. Database Berisi penawaran kursus mengenai database seperti Microsoft SQL Server, data mining, oracle, dll. Dijelaskan juga secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut.
    Database
  4. Development Berisi penawaran kursus mengenai berbagai bahasa pemrograman, aplikasi berbasis GUI, web, dsb. Seperti Java, Visual Basic, HTML5, CSS, dll. Dijelaskan juga secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut.
  5. Management Berisi penawaran kursus mengenai manajemen project. Dijelaskan juga secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut.
  6. Networking Sesuai dengan namanya, kategori ini berisi penawaran kursus mengenai jaringan computer seperti cisco. Routing, dll. Dijelaskan juga secara detail mengenai jadwal pelaksanaan kursus, lama waktu kursus, harga mengikuti kursus dan berapa orang yang sudah mendaftar kursus tersebut.

Macam-Macam Training

Reguler Training
Pelatihan yang diadakan secara berkala dengan materi dan jadwal yang telah disusun, serta fasilitas dan infrastruktur training yang telah dipersiapkan, seperti ruang belajar, perangkat untuk praktek dan simulasi serta fasilitas lainnya.
Materi dan Silabus disusun berdasarkan kebutuhan industri secara lebih spesifik dan fokus pada upgrade ilmu dan pengetahuan serta peningkatan profesionalisme keahlian di bidang teknologi informasi.

In House Training
Pelatihan bagi perusahaan untuk berbagai keperluan yang spesifik dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan. Yang berguna untuk pengembangan keahlian karyawannya, dengan waktu dan tempat yang disesuikan dgn keinginan customer.
Instruktur dipilih dari para profesional, praktisi dan akademisi yang memiliki sertifikasi industri dan yang memiliki pengalaman riil dalam mengembangkan project-project teknologi informasi sesuai dengan core competence masing-masing.

Certification Program
Program sertifikasi ini ditawarkan untuk kalangan individu maupun perusahaan yang berkeinginan untuk mencari atau melengkapi sertifikasi IT berskala international. Program sertifikasi ini terdiri dari training persiapan ujian sertifikasi dan ujian sertifikasi, dengan metode drilling soal dan pemecahannya serta berorientasi pada nilai kelulusan.
Program ini didukung juga oleh Brainmatics sebagai Authorized IT Global Certification Testing Center yang memungkinkan untuk melaksanakan ujian sertifikasi berbasis komputer. Dengan dukungan ini peserta dapat ujian dan mendapatkan hasil ujian langsung setelah melaksanakan ujian sertifikasi.
Macam-Macam Training

Sertifikat Training

Fasilitas Training

Trainer

Tim Penyedia Training

Itulah sedikit review saya mengenai salah satu situs e-learning yang sangat bermanfaat yaitu IlmuKomputer.Com. Situs ini sangat saya rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar dan ingin menguasai bidang IT, situs ini cukup lengkap karena menyediakan beragam fitur yang ditawarkan secara gratis. Dari mulai pembelajaran dan tutorial mengenai berbagai hal dalam IT yang tentunya sangat berguna bagi mahasiswa dan pelajar yang ingin berkecimpung di dunia IT, adanya jurnal dari para peneliti dan professor yang bias kita pelajari dan kita unduh secara gratis, sampai disediakan pula fasilitas bagi kita untuk mengikuti kursus untuk menguasai bidang di dalam dunia IT.

Mari kita pergunakan situs ini dengan sebaik-baiknya, serap dan pelajarilah setiap ilmu yang ada. Serta dukung dan kembangkan situs pembelajaran buatan anak bangsa ini yang sudah diakui dunia, semua yang ada disediakan secara gratis jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar. Sekian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar