Kamis, 14 April 2016

Perbandingan Skripsi, Tesis dan Disertasi

SKRIPSI

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI






PENGARUH  KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN, HARGA SAHAM, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY



Disusun Oleh :


                     Nama                             : Yeti Kusumawati
NPM                              : 21207189
Jurusan                           : Akuntansi
Pembimbing                   : Yuhilza Hanum, Dr.

Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat
Dalam mencapai gelar Sarjana Strata Satu (S1)

JAKARTA
2011







ABSTRAK

Yeti Kusumawati. 21207189
Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan, Harga Saham dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility

Skripsi. Fakultas Ekonomi. 2011
Kata kunci: Corporate social Responsibility ROA, ROE, Harga Saham, Ukuran Perusahaan.
( xii + 74 + lampiran )
Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini belum banyak perusahaan di Indonesia mulai menggunakan laporan keberlanjutan sebagai wadah untuk mengungkapkan isu-isu sosial, lingkungan, serta ekonomi perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan sangat penting untuk memaksimalkan laba yang akan berpengaruh terhadap aktivitas dan pengungkapan CSR .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara bersama-sama dan secara parsial kinerja perusahaan berbasis akuntansi (Return On Asset dan Return On Equity), kinerja perusahaan berbasis pasar saham (Harga Saham), dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan dan industri Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009. Total sampel penelitian adalah 45 perusahaan yang ditentukan melalui purposive sampling. Dengan regresi linear menggunakan SPSS 17.0, diperoleh hasil bahwa kinerja perusahaan berbasis akuntansi (Return On Asset dan Return On Equity), kinerja perusahaan berbasis pasar saham (Harga Saham) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
            Berdasarkan penelitian ini, agar hasil penelitian dapat digeneralisasi, sebaiknya penelitian berikutnya dapat menggunakan rasio kinerja akuntansi lainnya yang dapat menilai kinerja perusahaan lebih baik lagi dan penelitian berikutnya dapat menggunakan retun saham yang lebih dapat mewakili kinerja pasar saham perusahaan. Kemudian, sebaiknya penelitian selanjutnya memperluas periode penelitian dengan metode pooling (kombinasi antara cross-section dan time-series) sehingga bisa membandingkan pengaruh terhadap kinerja di seluruh industri.


Daftar Pustaka (2000-2010)



TESIS

ANALISIS KETEPATAN KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FUZZY LOGIC (Study Kasus Perusahaan-perusahaan Tergolong LQ45 yang Bergerak Dalam Bidang Industri di BEI Tahun 2010-2012)


Oleh
YETI KUSUMAWATI
92111015



TESIS
Untuk memenuhi salah satu syarat guna  
memperoleh gelar Magister Manajemen Sistem Informasi
Program Pasca Sarjana
 Universitas Gunadarma



PROGRAM PASCA SARJANA
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2014




ABSTRACT
Yeti Kusumawati. 92111015
Accuracy Analysis of Dividend Policy By Using Fuzzy Logic Approach (Case Study Companies categorized LQ45 Moves In the Field Industry in IDX Year 2010-2012)
Thesis. Faculty Master of Information Systems Management. 2014
Key Word: Dividend Policy, Dividend Payout Ratio, Fuzzy Logic
(xiv + 100 + attachment)
     Policies and payment of dividends on publicly traded companies have significant implications both for the investors and for companies that will pay dividends. One of the policies that should be taken by the company is to decide the size of the dividend that will be paid by the company to the shareholders quickly and accurately.
     This study aims to determine whether the dividend policy issued by the company is right or not to apply the Fuzzy Logic approach as a decision-making tool. The population in this study is classified as an industrial company LQ45 in Indonesia Stock Exchange (IDX) 2010-2012. The total sample was determined by 7 companies purposive sampling and analysis tools used are Fuzzy Logic ToolBox with Mamdani and Sugeno method. 
     By using Fuzzy Logic, a company can determine the amount of dividends that should be shared. Test results with Fuzzy Logic ToolBox Mamdani and Sugeno method which proves that most companies are correct in taking a decision on dividend policy. The company's most dominant and the most appropriate decision-making is PT.Indofood Sukses Makmur.Tbk (INDF).

Literature (2000-2013) 


DISERTASI

UNIVERSITAS INDONESIA



HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL & PERLINDUNGAN
KONSUMEN
(STUDI TENTANG INDIKASI GEOGRAFIS DARI PERSPEKTIF
KEPENTINGAN KONSUMEN)



DISERTASI


L A O D E R U D I T A
0 7 0 6 2 2 1 2 8 1




FAKULTAS HUKUM
P R O G R A M D O K T O R
JAKARTA
SEPTEMBER 2011




ABSTRAK



Nama : Laode Rudita
Program Studi : Doktor (Hukum Ekonomi)
Judul : Hak Kekayaan Intelektual & Perlindungan Konsumen (Studi Tentang Indikasi Geografis dari perspektif kepentingan konsumen) 

Disertasi ini membahas perlindungan Indikasi Geografis dalam Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001 dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2007 dari perspektif kepentingan konsumen. Sebagai bagian dari rezim Hak Kekayaan Intelektual yang paling erat kaitannya dengan perlindungan konsumen, perlindungan Indikasi Geografis sarat dengan kontroversi. 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa untuk menghasilkan peraturan perundang-undangan yang baik, kedaulatan negara dan kedaulatan hukum saja tidak cukup, melainkan negara dalam menjalankan kedaulatannya juga harus memperhatikan kebutuhan dan kemanfaatan undang-undang tersebut bagi rakyatnya. Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001 dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 tahun 2007 tidak mencerminkan hal itu. Hal ini didasari oleh: pertama, sistem perlindungan yang tidak berdasarkan perlindungan reputasi (reputation based protection) mengakibatkan relevansi perlindungan bukan untuk melindungi konsumen. Kedua, kewenangan untuk mendaftar justru menempatkan konsumen dalam posisi yang keliru. Ketiga, sistem perlindungan yang bersifat tertutup tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berkembang. Keempat, terdaftarnya Indikasi Geografis tidak serta-merta membuktikan bahwa perlindungan efektif diterapkan, karena setelah pendaftaran barang berIndikasi Geografis tersebut harus mampu menjamin mutu dan kualitasnya tidak hanya di atas kertas.


Perbandingan Skripsi, Tesis & Disertasi

SKRIPSI

  • Manfaat Penelitian :
    Manfaat penelitian ini disajikan berdasarkan temuan-temuan penelitian. Manfaat penelitian dapat berupa manfaat teoretis dan atau manfaat praktis. Manfaat teoretis adalah manfaat yang berkenaan dengan perkembangan teori yang bersangkutan, sedangkan manfaat praktis berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya praktis. Sebuah penelitian dapat saja hanya memiliki manfaat praktis dan tidak memiliki manfaat teoretis, atau hanya memiliki manfaat teoretis dan tidak memiliki manfaat praktis. Hal ini sepenuhnya bergntung pada topik penelitian.
  • Metode Penelitian :
    Bab ini menjelaskan bagaimana kajian dilakukan. Dituntut untuk menyebutkan apakah sudah ada upaya untuk memperoleh data penelitian secara akurat dengan menggunakan instrumen pengumpul data yang valid.
  • Hasil Penelitian :
    Hasil Penelitian harus didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan. Pada Bab ini dituliskan laporan rinci pelaksanaan kegiatan dalam mencapai hasil hasil penelitian / kajiannya / perencanaan /perancangan / survey dan investigasi / studi literatur / studi perbandingan/studi kelayakan.
     
  • Sistematika :
    Dalam bagian ini disajikan sistematika penelitian yang dikemukakan dalam bentuk bab-bab. Dalam setiap bab perlu dikemukakan subbab-subbab yang tercakup di dalamnya. Secara garis besar sistematika nya adalah sebagai berikut :
    1. Bab I Pendahuluan
    2. Bab II Tinjauan Pustaka
    3. Bab III Metode
    4. Daftar Pustaka
    5. Lampiran
  • Kesimpulan :
    Kesimpulan dan saran merupakan bab terakhir yang umumnya terdiri atas dua sub bab, yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan uraian jawaban dari rumusan masalah yang dituliskan dari atau berdasar pada diskusi hasil kajian. Saran harus berdasarkan hasilkajian yang telah dilakukan.

TESIS

  • Manfaat Penelitian :
    Bagian ini berisi uraian tentang temuan baru yang dihasilkan dan manfaat temuan penelitian tersebut bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh ilmuwan lain serta manfaat praktis untuk institusi, pembangunan, dan/atau masyarakat.
  • Metode Penelitian :
    Menguraikan paradigma/pendekatan/metode yang dipergunakan dalam penelitian. Penyebutan adanya upaya saja tidak cukup, harus disertakan bukti-bukti yang dapat dijadikan pegangan untuk menyatakan bahwa instrumen pengumpul data yang digunakan cukup valid.
    1. 
    Uraian tentang rancangan penelitian yang dipilih.
    2. 
    Prosedur pengambilan/pemilihan sampel dan penentuan unit analisis.
    3. 
    Sumber dan teknik pengumpulan data serta instrumen penelitian.
    4. 
    Pengolahan dan analisis data termasuk (uji) validitas data yang sesuai dengan rancangan penelitian yang diusulkan.
    5. 
    Lokasi dan waktu penelitian.
  • Hasil Penelitian :
    Hasil penelitian yang dikemukakan, selain didukung dari data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian yang sejenis. Pada praktiknya, hasil dan pembahasan dapat disajikan dalam beberapa bab sesuai kebutuhan. Sehubungan dengan ini, jumlah dan judul bab disesuaikan pula dengan kebutuhan.
  • Sistematika :
    Penulisan skripsi/tesis secara umum terdiri dari 5 bab, yaitu BAB I Pendahuluan, BAB II Kajian Pustaka, BAB II Metode Penelitian, BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan dan BAB V Kesimpulan dan Saran.

  • Kesimpulan :
    Bab ini menyatakan pemahaman peneliti tentang masalah yang diteliti berkaitan dengan tesis berupa kesimpulan. Sub-bab ini menyatakan temuan-temuan penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan.

DISERTASI

  • Manfaat Penelitian :
    Isi disertasi harus bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup manusia. Selain bermanfaat, sebuah disertasi harus mempertimbangkan faktor urgensi dari penelitian yang dilakukan. Manfaat dari disertasi dapat berupa manfaat yang dapat dirasakan dalam jangka pendek atau pun manfaat yang akan dirasakan pada masa yang akan datang. Faktor manfaat dan urgensi disertasi dapat ditinjau dari pengaruhnya terhadap keselamatan jiwa atau dari ukuran ekonomi. Disertasi harus mampu menjawab masalah yang kompleks. Disertasi yang membesar-besarkan masalah yang sebenarnya sangat sederhana akan disebut sebagai disertasi yang ‘trivial‘, sedangkan disertasi yang memandang masalah yang sebenarnya sangat kompleks dengan terlalu sederhana akan disebut sebagai disertasi yang ‘naive‘.
  • Metode Penelitian :
    Bagian ini menguraikan metode penelitian yang dipergunakan, menjelaskan mengapa metode tersebut dipergunakan. Bukti-bukti validitas, instrument pengumpul data harus dapat diterima sebagai bukti-bukti yang tepat.
  • Hasil Penelitian :
    Hasil penelitian yang dikemukakan, selain didukung dari data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian yang sejenis.Hasil penelitian dalam bentuk data merupakan bagian yang disajikan untuk menginformasikan hasil temuan dari penelitian yang telah dilakukan. Ilustrasi hasil penelitian dapat menggunakan grafik/tabel/gambar. Tabel dan grafik harus dapat dipahami dan diberi keterangan secukupnya. Hasil yang dikemukakan hanyalah temuan yang bermakna dan relevan dengan tujuan penelitian. Letak judul grafik/ tabel/ gambar sejajar dengan margin kiri dari grafik/ tabel / gambar. Temuan di luar dugaan yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian harus mendapat tempat untuk dibahas. Jika artikel melaporkan lebih dari satu eksperimen, maka tujuan setiap penelitian harus dinyatakan secara tegas dalam teks, dan hasilnya harus dikaitkan satu sama lain.

  • Sistematika :
    HALAMAN JUDUL
    LEMBAR PERSETUJUAN
    LEMBAR PENGESAHAN
    LEMBAR PERNYATAAN
    DALIL-DALIL DISERTASI
    ABSTRAK
    ABSTRACT
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI
    DAFTAR TABEL
    DAFTAR GAMBAR
    LAMPIRAN

  • Kesimpulan :
    Simpulan merupakan penegasan penulis mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Saran hendaknya didasari oleh hasil temuan penelitian, berimplikasi praktis, pengembangan teori baru, dan atau penelitian lanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar