Rabu, 18 November 2015

VINE

Vine, mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui ataupun mendengar aplikasi yang satu ini. Ya, aplikasi berbagi video dari twitter ini memang mulai terkenal beberapa tahun belakangan. Vine dibuat oleh Dom Hofmann, Rus Yusupov, dan Colin Kroll pada Juni 2012. Perusahaan ini diakuisisi oleh Twitter pada Oktober 2012 dengan penjualan sekitar 30 juta dolar. Jumlah uang yang dirasa sebanding dengan kesuksesannya yang dicapai kini.

Vine diluncurkan tanggal 24 Januari 2013 sebagai aplikasi gratis untuk perangkat iOS pada awalnya, namun pada tanggal 2 Juni 2013, Vine merilis aplikasinya untuk sistem operasi Android.


Beberapa bulan kemudian, Vine menjadi aplikasi berbagi video yang paling banyak digunakan. Tanggal 9 April 2013, Vine menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS App Store dan tanggal 1 Mei 2014, Vine meluncurkan layanan versi web untuk jelajah video.

Fitur - Fitur Vine

Batas waktu rekam yang singkat
Berbeda dengan aplikasi berbagi video lainnya, Vine hanya memungkinkan pengguna untuk merekam/membuat videonya dalam waktu maksimal 6 detik saja. Hal ini akan membuat video di Vine seperti gambar format .GIF. Ini lah yang menjadi ciri sekaligus keunikan dari Vine. Dalam waktu yang singkat pengguna dituntut kreatif untuk membuat video yang dapat menghibur pengguna lainnya.

Jika kita belum menonton salah satu videonya mungkin kita akan berpikir masa sih dalam waktu 6 detik kita dapat terhibur? Namun kenyataannya tidak begitu, dalam waktu sesingkat itu kita bisa dibuat sangat terhibur bahkan mungkin sampai tertawa terbahak-bahak. Tidak percaya? Silahkan unduh dan rasakan sendiri.

Explore

Explore ini sama seperti search. Kita dapat mencari pengguna lain ataupun mencari berbagai channel yang sudah disediakan. Vine menyediakan banyak channel untuk pengguna agar pengguna dapat memilih video dalam kategori apa yang ingin pengguna tonton. Bagi anda yang menyukai  komedi bisa memilih channel Comedy, jika anda penggemar olahraga disediakan channel Sport, dan jika anda penggemar binatang ada channel Animals, dan masih banyak channel lainnya. Ada juga kategori Popular Now yang berisi video-video terpopuler dari berbagai channel yang tentunya disukai banyak orang.

Activity

Fitur activity ini berisi berbagai aktifitas yang sudah kita lakukan mulai dari awal kita login sampai aktifitas terakhir kita. Contohnya mengenai informasi siapa pengguna yang kita ikuti, siapa yang mengikuti kita, dll. Semuanya akan terekam dalam fitur yang satu ini.

Profile

Tidak usah saya jelaskan lagi mungkin kalian sudah paham apa isinya. Yap, profile ini berisi informasi tentang diri kita sendiri. Deskripsi mengenai diri kita, berapa followers kita, berapa banyak following kita, berapa banyak video yang sudah kita post dan pengaturan untuk mendeskripsikan diri kita lainnya.

Messages

Vine juga menyediakan fitur messages agar kita bisa berinteraksi secara personal dengan pengguna lainnya, didalamnya juga kita bisa mengirim video pada pengguna yang sedang kita chat.

Favourite user
Jika kita memiliki idola ataupun pengguna yang kita sukai dan ingin mengetahui perkembangan ter-update mengenai video yang dia unggah kita bisa menjadikannya Favourite User sehingga kita akan menerima notifikasi realtime mengenai dirinya.

Comments
Sama seperti aplikasi lainnya, kita juga bisa mengomentari video yang kita lihat lewat fitur ini.

Share
Video yang kita buat maupun video yang kita rasa layak untuk ditonton orang lain bisa kita gaikan ke berbagai aplikasi sosial media lainnya seperti facebook, twitter, maupun tumblr. Kita juga bisa memanfaatkan fitur "revine" yang memiliki fungsi seperti re-tweet pada twitter.

Like
Jika kita menyukai video yang kita tonton, kita bisa langsung menekan tombol like yang berbentuk hati dibawah video tersebut.

Block user or report
Apabila kita melihat ada pengguna yang mengunggah video yang dirasa sudah melewati batas norma kita bisa mem-block pengguna tersebut ataupun melaporkannya pada pihak Vine agar ditindak lanjuti. Jadi berhati-hatilah dalam mengunggah video.

Copy link
Fitur ini memungkinkan kita untuk mengkopi link atau sumber video tersebut.

Capture

Fitur ini digunakan apabila kita ingin membuat video kita sendiri melalui aplikasi Vine. Cara merekamnya pun cukup unik. Sentuh dan tahan layar ponsel Anda untuk merekam, dan lepaskan jari untuk jeda. Anda bisa mencari objek lain, lalu rekam lagi hingga durasi 6 detik itu terisi penuh.

Loop count

Fitur "loop count" ini dapat menghitung seberapa sering pengguna melihat video. Fitur ini juga tersedia di dalam layanan situsnya (vine.co). fitur ini merupakan fitur yang dibilang baru karena baru ada pada bulan Juli 2014 .

Find Friends

Lewat fitur ini kita bisa mencari teman kita dari twitter maupun teman kita yang sudah bergabung di Vine terlebih dahulu.















Langkah-langkah meng-upload video di Vine :
Setelah membuat video Vine, Anda akan memiliki pilihan untuk beberapa hal, seperti berikut :
1. Simpan video hanya pada perangkat
2. Upload ke Vine.
3. Upload ke Vine dan share ke Twitter.
4. Upload ke Vine dan share ke Facebook.
5. Upload ke Vine , share ke Twitter dan Facebook secara bersamaan.

Vine serupa dengan aplikasi Instagram yang dapat digunakan sebagai media berbagi hanya dengan teman aplikasi, tapi semua yang diupload di web Vine adalah milik publik. Jika anda mengupload video Vine ke Internet, maka video ini akan dilihat setiap orang.


Melihat berbagai fitur yang ada di Vine yang sudah saya jelaskan diatas semoga bisa menjadi referensi untuk menambah salah satu pilihan hiburan yang ada pada saat ini. Atau bahkan anda mungkin akan menjadi idola dengan membuat video-video yang kemudian disukai banyak orang di Vine yang akan membuat anda terkenal di dunia maya maupun dunia nyata.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Vine
https://cekercekeran.wordpress.com/2015/01/23/mengenal-media-sosial-vine/
http://tekno.kompas.com/read/2013/01/25/08040568/vine.aplikasi.berbagi.video.dari.twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar