Kamis, 25 Juni 2015

Tugas Akhir IBD

  1. Kompetensi dasar apa yang ingin dicapai setelah Anda belajar IBD?
  2. Apa pendapat kalian tentang perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia dapat bersatu menjadi satu kesatuan yang disebut Bhineka Tunggal Ika yang menjadi dasar negara Indonesia?
  3. Manakah yang benar, kebudayaan adalah produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan? Jelaskan! 


Jawab
  1. Kompetensi dasar yang ingin dicapai setelah mempelajari IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah tentunya agar kita lebih tau dan lebih mencintai tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia serta menerima segala perbedaannya dan menjadikan perbedaan-perbedaan itu sebagai tonggak agar tercapainya suatu keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. IBD juga mengajarkan aspek-aspek yang harus kita punya dan pahami untuk bisa hidup bermasyarakat dengan baik.
  2. Indonesia memang negara yang penuh dengan beragam kebudayaan dan suku bangsa di dalamnya. Setiap suku memiliki perbedaan atau ciri khas mereka masing-masing, namun perbedaan itu dapat kita satukan menjadi satu kesatuan dalam membangun Indonesia dan bukan malah menjadi suatu bahan perdebatan untuk perpecahan. Meskipun kadang kita masih sering mengalami perbedaan, namun hal tersebut malah menjadikan kita kuat dan semakin bersatu. Perbedaan-perbedaan itulah yang menjadikan negara Indonesia seperti sekarang ini, keberagaman kebudayaan membuat bangsa Indonesia semakin kaya dalam segala aspek kehidupan. Perbedaan adalah dasar dari segalanya, karena dengan memahami perbedaan kita bisa mengerti apa yang orang lain rasakan dan itu sangat penting sebagai dasar sebuah negara. Seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi teatap satu jua. Beragam suku tersebut tersebar diseluruh penjuru Indonesia dan di seluruh pulau yang ada di Indonesia, walaupun berbeda-beda daerah namun kita bisa bersatu, memliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, memiliki bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia dan memiliki tanah air yang satu yaitu Indonesia. 
  3.  Menurut saya jawaban yang benar yaitu kebudayaan adalah produk manusia. Karena kebudayaan sendiri adalah hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini atau suatu aktifitas yang dilakukan secara terus menerus oleh manusia itu sendiri sehingga bisa disebut kebudayaan. Mana mungkin kebudayaan tercipta sendiri tanpa ada yang membuatnya (tanpa manusia). Kebudayaan akan terus hidup apabila ada manusia yang terus melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar